Telepon : 08111099218
   

Tips Agar Chiller, Freezer, Kulkas Hemat Listrik

Posted 16-06-2022 by Marketing Komunikasi

Chiller, freezer maupun kulkas merupakan beberapa jenis mesin pendingin yang sering ditemukan di mana saja. Pada umumnya, kulkas atau chiller di rumah diisi dengan berbagai minuman, cemilan, hingga buah untuk menjaga kesegarannya.

Peralatan mesin pendingin memerlukan daya listrik yang jauh lebih kecil jika dibandingkan produk yang mengeluarkan panas seperti water heater, kompor listrik, dan sebagainya.

Namun begitu, kamu bisa lebih menghemat pemakaian listrik mesin pendingin dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Perhatikan penempatan mesin pendingin
    Jauhkan mesin pendingin dari sumber panas seperti kompor, di bawah matahari, dan sebagainya.
     
  2. Berikan jarak pada saat meletakkan mesin pendingin
    Jangan meletakkan mesin pendingin terlalu dekat dengan dinding. Berikan jarak minimal 20cm untuk sirkulasi udara.
     
  3. Hindari menyimpan makanan atau minuman dalam keadaan panas
    Selain dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih keras untuk mendinginkan sehingga freezer/chiller menjadi boros listrik, udara panas dari makanan atau minuman yang disimpan ke dalam mesin pendingin dapat memicu timbulnya bunga es. Untuk itu, pastikan makanan dan minuman sudah berada pada suhu ruang sebelum disimpan pada mesin pendingin.
     
  4. Isilah freezer/chiller secukupnya
    Jangan mengisi mesin pendingin terlalu penuh. Mesin pendingin yang terlalu penuh akan membuat kompresor bekerja lebih keras untuk mendinginkan produk-produk di dalamnya sehingga pemakaian listrik akan meningkat.
     
  5. Pastikan pintu freezer/chiller tertutup rapat
    Udara dingin yang stabil pada freezer/chiller tentunya akan membuat pemakaian listrik menjadi lebih hemat. Hindari juga terlalu sering membuka tutup mesin pendingin jika tidak diperlukan.
     
  6. Bersihkan freezer/chiller secara berkala
    Bersihkan bagian dalam dan luar mesin pendingin secara berkala. Sortir makanan dan minuman yang sudah rusak dan terlalu lama disimpan agar tidak menjadi sumber bakteri. Baca juga tips menyimpan buah agar tetap segar.
     
  7. Gunakan freezer/chiller berkualitas
    Freezer/chiller berkualitas dibuat menggunakan material dan sistem canggih sehingga dapat menghasilkan suhu dingin sesuai dengan kebutuhan produk yang disimpan di dalamnya. Mesin pendingin Sadhana Ekapraya Amitra seperti FRESTA, AURORA, GOFNER, SNOOKER, dan lainnya sudah dipercaya berbagai perusahaan food & beverage serta berbagai supermarket di Indonesia sebagai mesin pendingin yang awet dengan layanan purna jual yang selalu siap sedia melayani konsumen.

Tertarik dengan mesin pendingin kami? Hubungi Call Center Sadhana Ekapraya Amitra di: 08-111-099-218.