Telepon : 08111099218
   

Simpan Buah dengan Cara Ini Agar Tetap Segar

Posted 07-10-2021 by Marketing Komunikasi

Di masa sekarang ini, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyarankan setiap orang makan 400 gram buah dan sayur setiap harinya. Sebagai salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh, mengonsumsi buah setiap  hari juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga diabetes.

Seringkali kita membeli buah dalam jumlah yang cukup banyak untuk disimpan di chiller atau kulkas. Agar buah yang disimpan tetap terjaga kesegarannya, perhatikan beberapa tips menyimpan buah berikut ini:

Mangga

Mangga merupakan buah yang bisa matang dengan sendirinya pada suhu ruang. Jika disimpan pada suhu ruang, mangga bisa matang dalam waktu tiga hari. Setelah matang, mangga dapat bertahan selama dua minggu jika disimpan pada suhu chiller pada kondisi belum dikupas. Untuk mangga yang telah dipotong atau dikupas, penyimpanan pada suhu chiller atau kulkas hanya dapat menjaga kesegarannya selama 2 hingga 3 hari.
 

Semangka

Dalam keadaan utuh, semangka dapat bertahan selama 10 hari pada suhu ruang, dan 2 minggu jika disimpan pada suhu chiller. Untuk semangka yang sudah dipotong, bungkuslah semangka menggunakan plastic wrap terlebih dahulu agar kesegarannya tetap terjaga. Semangka potong yang telah dibungkus ini dapat bertahan hingga 3 hari .
 

Melon

Walaupun memiliki bentuk yang mirip dengan semangka, namun perlakuannya sedikit memiliki perbedaan dibandingkan dengan semangka.
Menurut USDA atau U.S. Department of Agriculture, melon utuh cukup disimpan pada suhu ruang saja. Menyimpan melon utuh pada suhu chiller dapat mengurangi kandungan likopen dan betakaroten, hingga antioksidan di dalamnya.
Namun simpanlah melon potong di suhu chiller untuk menjaga tekstur melon tidak berubah menjadi lembek dan berair.
 

Apel atau Pir

Apel atau pir merupakan buah yang dapat memproduksi gas etilen yang dapat membantu proses pematangan buah. Perhatikan penyimpanan buah ini agar tidak saling berdekatan dengan cara membungkusnya terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam chiller.

 

Follow Instagram @sadhanasid untuk berbagai tips lainnya.