Telepon : 08111099218
   

Jenis-jenis Es Batu

Posted 16-02-2023 by Marketing Komunikasi

Beberapa tahun belakangan ini, berbagai minuman kekinian bermunculan di industri kuliner Indonesia. Maraknya bisnis minuman kekinian ini tentunya meningkatkan kebutuhan akan es batu sebagai salah satu bahan pokok minuman. Tidak hanya bagi bisnis kuliner, es batu juga biasa digunakan pada berbagai bidang lain seperti bidang kesehatan yaitu untuk mengompres memar, sebagai pendingin bagi beberapa obat atau serum, dan lainnya.

Beda bentuk, beda pula kegunaannya. Simak beberapa jenis es batu serta kegunaannya berikut ini.

Cube Ice

Memiliki bentuk kubus, jenis es batu ini merupakan es batu yang paling sering ditemukan dengan pembuatannya yang mudah. Es batu ini sering ditemukan di rumah-rumah. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meleleh, es batu berbentuk cube ini cocok digunakan untuk campuran minuman.

Gourmet Ice

Dengan bentuk yang ‘fancy’, gourmet ice sering digunakan pada restoran yang elegan atau pada acara-acara formal seperti pernikahan atau acara makan lainnya. Gourmet ice memiliki karakteristik tidak mudah meleleh, tidak mudah menempel satu dengan yang lainnya, serta bentuk yang menarik sehingga cocok digunakan pada acara-acara yang fancy, bar, restoran besar, dan wedding.

Nugget Ice

Berbentuk potongan-potongan kecil dengan panjang berkisar 2.5cm, jenis es batu ini memiliki tekstur yang lembut dan dapat dikunyah sesuai yang diinginkan banyak konsumen minuman. Permukaannya yang berpori memungkinkan es batu ini menyerap rasa minuman yang enak untuk dikunyah setelah minumannya habis. Jenis es batu nugget sering digunakan pada rumah sakit, hotel, restoran, serta minimarket. Es batu nugget juga sering disebut sebagai cubelet ice, pearl ice, pebble ice, atau chewblet ice.

Flake Ice

Es batu ini memiliki bentuk seperti potongan serpihan es dengan karakter yang lembut dan tipis. Flake ice seringkali digunakan pada display produk seafood dan unggas, buah, sayur, serta dalam bidang kesehatan. Karena bentuknya yang tipis, kecepatan meleleh es batu jenis ini tergolong cepat.

Crescent Ice

Lebih tipis dibanding jenis es batu cube, crescent ice memungkinkan lebih banyak es batu di dalam gelas minuman. Kecepatan meleleh jenis es batu ini cukup lama, sehingga dapat menahan bentuk es batu tetap cantik. Crescent ice cocok digunakan pada restoran, fine dining, lounge cocktail, club, dan bar.

Selain jenis es batu di atas, masih banyak jenis es batu lainnya yang dijual di pasaran. Penggunaan es batu dapat disesuaikan dengan kebutuhan sebagai penambah nilai jual produk minuman. Snooker Ice Machine memiliki berbagai pilihan bentuk es batu, serta kapasitas produksi yang cocok untuk membantu usaha bisnis minuman maupun restoran Jagoan Dingin.

Punya pertanyaan seputar pendingin? Hubungi kami di 08-111-099-218