Telepon : 08111099218
   

Jenis-jenis Freezer

Posted 23-04-2019 by Marketing Komunikasi

Freezer merupakan alat pendingin bersuhu di bawah 0°C yang dapat membekukan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Berbeda dengan kulkas (chiller) yang memiliki suhu di atas 0°C, freezer biasanya digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena pada suhu -18°C, bakteri yang ada pada makanan akan tidur, sehingga tidak akan menyebabkan pembusukan pada makanan.

Berdasarkan laju pembekuannya, freezer dapat dibagi menjadi:

  1. Slow freezer yang terdiri dari cold storage, chest freezer, curve glass freezer, dll. Laju pergerakan es pada freezer ini yaitu 0.2 cm/h. Dengan suhu 0°C hingga -25°C, freezer ini termasuk cukup lama dalam membekukan, permasalahan yang sering terjadi pada freezer jenis ini yaitu pembentukan bunga es yang terlalu cepat sehingga dapat mengurangi efisiensi freezer.
  2. Quick freezer seperti contohnya air blast freezer memiliki laju pembekuan lebih cepat dibanding chest freezer yaitu sebesar 0.5 – 3 cm/h. Air blast freezer memiliki suhu 0°C hingga -40°C. Mampu mendinginkan tiga kali lebih cepat dibandingkan slow freezer.

Chest Freezer

Chest Freezer Fresta

Chest freezer merupakan alat pendingin bersuhu rendah digunakan untuk menyimpan dan membekukan berbagai macam bahan makanan (daging segar, frozen food, sayur). Freezer ini biasanya digunakan untuk keperluan toko, restoran, café, hotel, maupun rumah.

Masuk dalam kategori slow freezer dan dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau, chest freezer tidak cocok untuk mengawetkan makanan untuk jangka panjang karena proses pendinginannya yang cukup lama, yaitu 3 hingga 72 jam.

Curve Glass Freezer

Curve Glass Gofner

Mirip dengan chest freezer yaitu bekerja dengan suhu 0°C hingga -25°C, curve glass freezer memiliki sliding glass door sehingga cocok digunakan untuk menyimpan dan mendisplay berbagai produk seperti ice cream, frozen food (nugget, daging beku, sosis, seafood, dll).

Curve glass freezer biasanya juga dilengkapi kunci, dan dapat ditambahkan sticker sebagai media iklan.

Air Blast Freezer

Termasuk dalam kategori quick freezer, air blast freezer banyak digunakan pada industri bahan makanan seperti contohnya produk perikanan. Proses pendinginan yang cepat akan menghambat proses deteriorasi oleh mikroba, sehingga kualitas dan kesegaran produk akan terjaga dengan baik.

Berbeda dengan slow freezer, air blast freezer dapat mencapai suhu -40°C. Saat ingin digunakan, bahan makanan dapat dipindahkan ke freezer atau chiller dengan suhu yang lebih rendah semalaman.

Ingin tahu lebih banyak mengenai mesin pendingin serta tips-tips menarik dari Sadhana Ekapraya Amitra? Jangan lupa follow social media Sadhana, atau klik Berita Sadhana untuk tips lainnya.