Telepon : 08111099218
   

Penyebab Freezer Box Tidak Beku

Posted 27-06-2024 by Marketing Komunikasi

Chest freezer atau juga yang sering dikenal dengan freezer box merupakan salah satu perangkat penting untuk menyimpan makanan beku dalam jumlah besar, baik di rumah maupun di bisnis seperti restoran atau toko. Namun ada kalanya chest freezer tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya dan tidak membeku. Berikut beberapa penyebab umum freezer box tidak beku dan solusinya.

  1. Pengaturan Suhu yang Tidak Tepat
    Penyebab paling umum mengapa freezer box tidak membeku adalah pengaturan suhu yang tidak tepat. Pastikan pengaturan suhu berada pada tingkat yang sesuai, biasanya di bawah -18°C atau menyesuaikan dengan produk yang disimpan.

    Solusi: Atur suhu freezer ke tingkat yang lebih rendah dan tunggu beberapa jam untuk melihat apakah ada perubahan. Jika masih tidak membeku, lanjutkan ke langkah berikutnya.
     
  2. Kompresor yang Bermasalah
    Kompresor merupakan jantung dari chest freezer yang bertanggung jawab untuk memompa refrigerant dan menjaga suhu tetap dingin. Jika kompresor rusak atau tidak berfungsi dengan baik, freezer tidak akan membeku.

    Solusi: Periksa kompresor untuk memastikan tidak ada suara aneh atau tanda-tanda kerusakan. Jika kompresor rusak, mintalah bantuan teknisi profesional untuk menggantinya. Memiliki layanan purna jual tepercaya selama bertahun-tahun, Jagoan Dingin dapat menghubungi PIT elektronik dengan mudah jika terjadi kerusakan pada unit pendingin. Cukup dengan Whatsapp ke nomor 0878-7833-1111, teknisi PIT elektronik akan segera datang untuk melakukan pengecekan unit.
     
  3. Kondensor yang Kotor
    Kondensor berfungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam freezer. Jika kondensor tertutup debu atau kotoran, panas tidak dapat keluar dengan efektif dan menyebabkan freezer tidak membeku.

    Solusi: Bersihkan kondensor secara teratur menggunakan sikat lembut atau vacuum cleaner. Pastikan untuk mematikan freezer sebelum membersihkan kondensor.
     
  4. Pintu yang Tidak Tertutup Rapat
    Jika pintu freezer tidak tertutup dengan rapat, udara dingin bisa keluar dan menyebabkan suhu dalam freezer naik. Periksa karet pintu untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran.

    Solusi: Ganti segel pintu jika ada kerusakan. Pastikan pintu selalu tertutup rapat setelah membuka freezer.
     
  5. Freon yang Bocor atau Habis
    Freon adalah refrigerant yang membantu mendinginkan freezer. Jika ada kebocoran atau freon habis, freezer tidak akan bisa membeku.

    Solusi: Hubungi teknisi profesional untuk memeriksa dan mengisi ulang freon jika diperlukan. Jangan mencoba mengisi freon sendiri tanpa keahlian yang tepat.
     
  6. Masalah pada Thermostat
    Thermostat merupakan bagian yang mengatur suhu pada freezer. Jika thermostat rusak, freezer mungkin tidak bisa mencapai suhu yang diinginkan.

    Solusi: Ganti thermostat jika ditemukan kerusakan. Mintalah bantuan teknisi untuk memastikan pergantian thermostat dilakukan dengan benar.
     
  7. Ventilasi yang Terhalang
    Pastikan ventilasi di dalam freezer tidak terhalang oleh makanan atau benda lainnya. Ventilasi yang terhalang dapat mengganggu aliran udara dingin di dalam freezer.

    Solusi: Tata makanan di dalam freezer dengan rapi dan pastikan ventilasi tidak tertutup.
     

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan chest freezer atau freezer box tidak bisa membeku. Mulai dari pengaturan suhu yang tidak tepat hingga masalah mekanis seperti kompresor atau freon. Dengan mengetahui penyebabnya, Kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk memperbaikinya. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun freezer masih tidak bisa membeku, sebaiknya hubungi teknisi profesional seperti PIT elektronik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sudah melayani di hampir seluruh wilayah Indonesia, PIT elektronik merupakan salah satu anak perusahaan Sadhana Ekapraya Amitra yang bergerak di bidang service dan spareparts. Tidak hanya melayani perbaikan mesin pendingin produk Sadhana, sebagai solusi pendingin PIT elektronik juga melayani perbaikan mesin pendingin berbagai merk lain. Cukup hubungi tim PIT elektronik melalui Whatsapp ke nomor 0878-7833-1111, tim PIT elektronik akan segera membantu Jagoan Dingin.