Telepon : 081281777899
    
Read More

Tips Menyimpan Makanan Beku (Frozen Food)

Posted 15-10-2018 by Marketing Komunikasi

Akhir-akhir ini makanan beku semakin mudah kita temukan. Biasanya supermarket memiliki area khusus untuk menjajakan makanan beku, atau lebih kita kenal dengan frozen food. Tidak hanya daging, makanan beku pun kini hadir lebih bervariasi seperti pizza, bakpau ataupun kentang goreng.

Pada dasarnya membekukan makanan merupakan salah satu proses pengawetan makanan secara alami. Dengan dibekukan, masa simpan makanan akan menjadi lebih lama. Sebut saja daging, jika dibiarkan di udara terbuka selama 4-5 jam daging akan segera membusuk dan dihinggapi lalat. Alhasil, daging pun harus kita buang.

Yup, membekukan makanan sama artinya dengan mengawetkan makanan secara alami. Kita tidak perlu menambahkan bahan-bahan kimia berbahaya seperti nitrat, natrium propionate ataupun sulfur dioksida.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menyimpan makanan beku. Simak tips-tips berikut ini:

  1. Pilih bahan baku makanan berkualitas. Kualitas makanan beku dimulai dari bagaimana kita memilih bahan makanan. Gunakan daging atau ikan yang masih segar. Daging atau ikan yang busuk akan mencemari daging atau bahan makanan lain. Jika Anda menggunakan tepung, pastikan tepung tersebut bebas dari kutu dan belum kadaluarsa.
  2. Gunakan kemasan yang baik. Pastikan Anda mengemas makanan dengan baik. Hindari menggunakan kemasan yang berbau, mudah pecah/bocor dan memakan tempat. Untuk kemasan plastik, Anda dapat menggunakan kemasan plastik dengan Zip Lock. Jika ingin menggunakan botol, sebaiknya gunakan botol kaca. Botol kaca lebih kuat terhadap udara dingin. Namun, jika Anda ingin menggunakan botol plastik, gunakan botol plastik yang tebal.
  3. FIFO (First In First Out). Letakkan makanan beku secara rapi. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, makan makanan beku yang akan dikeluarkan terlebih dahulu. Gunakan metode FIFO (First In First Out), artinya makanan beku yang disimpan lebih awal harus lebih dulu dikeluarkan (dijual ataupun dikonsumsi).
  4. Pastikan Freezer tetap dingin. Periksa suhu Freezer secara berkala. Pastikan suhu Freezer berada pada -20 derajat celcius. Pada suhu tersebut mikroba perusak bahan makanan akan “tertidur” sehingga bahan makanan tidak akan cepat basi. Selain itu, pastikan juga Freezer dalam keadaan bersih.  Sekian tips dari kami, silakan mencoba.