Telepon : 081281777899
    
Read More

Serba-serbi Alasan Konsumen Memilih Produk

Posted 15-10-2018 by Marketing Komunikasi

Setiap kita membeli sesuatu tentu kita akan mempertimbangkan produk tersebut dari segala sisi. Misalnya saja dari bentuk/desain, spesifikasi, merk, metode pembayaran, dan aftersales service. Bentuk  / desain biasanya salah satu andalan produsen untuk menarik konsumen. Misalnya saja pada smartphone, desain Fullview atau Layar Penuh kini sedang digandrungi. Misalnya saja Samsung Galaxy S8 dan Vivo V7+ yang marak diperbincangkan. Desain ini dipercaya sebagai paling canggih dan akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengguna.

Spesifikasi pun menjadi satu hal yang disorot oleh pembeli. Bagi pembeli yang sudah paham, tentu mereka akan lebih memilih mobil yang dibekali oleh Dual VVT-i dibandingkan dengan VVT-i biasa. Teknologi Dual VVT-i merupakan teknologi terkini dari Toyota dengan fokus utama adalah efisiensi bahan bakar, rendah emisi namun mesin masih bertenaga. Bagi konsumen yang paham, tentu sudah tidak akan ragu lagi untuk memilih Dual VVT-i.

Pada produk elektronik, efisiensi sumber daya listrik sedang menjadi bahan perbincangan. Produsen alat elektronik kini sedang ditekan untuk menghasilkan produk yang hemat energi namun tidak mengorbankan kinerja produk itu sendiri. Pada akhirnya, banyak bermunculan teknologi terbaru seperti inverter pada AC, televisi yang menggunakan LCD atau LED dan lain-lain.

Selanjutnya adalah merk atau brand. Bagi sebagian orang, merk merupakan hal terpenting pada saat membeli produk. Merk dipercaya memberikan jaminan tersendiri. Merk seperti memberikan jaminan kualitas bahan baku, kualitas produksi, kualitas sumber daya manusia dan lain-lain.

Tentunya kepercayaan konsumen ini didapat dari upaya produsen untuk membangun merk, mulai dari investasi alat-alat produksi, perekrutan sumber daya manusia, pemilihan bahan baku dan lain-lain. Misalnya saja ketika mendengar Toyota, orang akan merasa aman dengan tersedianya spare part, produk yang dirakit oleh sumber daya profesional serta jaringan bengkel yang tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia.

Metode pembayaran juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen pada saat membeli barang. Pada saat ajang InterFOOD 2017 kemarin, kami sempat bertanya kepada salah satu konsumen yang membeli produk Two-Door Chest Freezer dengan merk Fresta yang membeli dengan metode angsuran selama 18 bulan. Jawabannya pun sesuai dengan yang kami perkirakan, dengan program angsuran pembayarannya pun dianggap lebih ringan.

Metode pembayaan ini tentunya cocok bagi pengusaha yang baru memulai bisnis mereka. Hal ini pun tentu diamini oleh konsumen lain. Dengan adanya angsuran, mereka masih bisa mengatur pengeluaran untuk pos lain, misalnya upah karyawan, listrik, internet dan lain-lain.

Di ajang InterFOOD 2017 lalu, PT Sadhana Ekapraya Amitra bekerja sama dengan Blibli.com. Konsumen dapat membeli produk Aurora, Fresta, Gofner ataupun Atiz dengan mencicil sampai dengan 24 bulan dengan menggunakan kartu kredit dari 24 Bank di Indonesia.

Alhasil, kerjasama ini pun membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Dari total transaksi, konsumen yang memilih metode cicilan pun mencapai 10 %. Lebih ringan, kurang lebih itulah jawaban yang dilontarkan ketika ditanya apa yang menjadi alasan mereka memilih program cicilan ini.

Lalu, yang terakhir adalah after-sales service atau layanan purna jual. Pada ajang InterFOOD kemarin, PT. Sadhana Ekapraya Amitra memberikan garansi khusus, yaitu selama 2 tahun. Selain untuk menarik minta calon konsumen, pemberian garansi ini pun bukti komitmen kuat dari PT. Sadhana Ekapraya Amitra kepada konsumen.

Garansi memang menjadi salah satu andalan produsen untuk memberikan komitmen yang kuat kepada konsumen. terutaman untuk produk otomotif ataupun elektronik. Bagi alat elektronik, apapun bisa terjadi. Misalnya saja kecacatan produk, human error ataupun hal lainnya yang dapat mengganggu kinerja produk. Dengan adanya garansi, konsumen akan merasa lebih aman, nyaman serta usia pakai produk pun akan lebih panjang.

Di Sadhana, kami memberikan garansi resmi selama satu tahun untuk semua produk Auora, Atiz, Fresta dan Gofner. Garansi ini mencakup perbaikan dan penggantian suku cadang. Program garansi ini tentunya untuk menunjukkan komitmen kami yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Setelah masa garansi habis pun kami akan tetap melayani perbaikan dan penggantian suku cadang yang akan ditangani oleh mitra terpercaya kami, PIT Elektronik.

Itulah beberapa bahan pertimbangan yang digunakan oleh konsumen pada saat memilih produk. Anda sendiri cenderung memilih yang mana?

 

Untuk berita lainnya, silakan klik tautan berikut:

  1. Perwakilan Sosro Mengunjungi Booth Sadhana
  2. Sadhana Hadir di SIAL Interfood 2017

Untuk mempelajari produk PT. Sadhana Ekapraya Amitra, silakan klik tautan berikut:

  1. Catatan Penting Bagi Pemilik Kafe dan Restoran
  2. Apa itu Chest Freezer dan Upright Freezer
  3. Chest Freezer Dua Pintu ;  Cek Dulu Sebelum Beli