Telepon : 081210727207
   

Selamatkan Isi Freezer Saat Mati Lampu

Posted 13-03-2019 by Marketing Komunikasi

Pemadaman listrik merupakan suatu hal yang sangat merepotkan terutama bagi pemilik warung makan ataupun restoran. Hal yang paling dikhawatirkan dari pemadaman listrik ini tentunya stok makanan yang disimpan di dalam freezer.

Jika pemadaman listrik berlangsung lama, selamatkan makanan yang disimpan di dalamnya dengan beberapa tips dari dr. Sadhana berikut ini:

  1. Pastikan pintu freezer tertutup rapat
    Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu di dalam freezer tetap dingin. Pintu freezer yang tertutup rapat dapat menjaga makanan tetap dingin hingga 4 jam.
     
  2. Tutup bagian pintu kaca dengan karton atau kardus
    Kardus atau karton berfungsi sebagai penahan masuknya udara panas dari luar freezer, serta untuk penahan udara dingin dari dalam freezer agar tidak keluar dari freezer.
     
  3. Gunakan dry ice atau ice pack
    Tidak ada yang tahu pemadaman listrik akan berlangsung berapa lama. Gunakan bantuan dry ice atau ice pack agar freezer tetap dingin selama listrik mati. Letakkan ice pack di sekeliling dinding dalam freezer mengitari makanan di dalamnya. Ice pack Sadhana dapat membuat freezer tetap dingin hingga 12 jam.
     
  4. Pindahkan semua makanan ke bagian bawah freezer
    Bagian bawah freezer merupakan bagian paling dingin di dalam freezer. Langkah sederhana ini setidaknya dapat membantu makanan berada di suhu paling dingin pada freezer
     

Freezer seharusnya berada pada suhu 0°C atau di bawah. Jika saat dibuka setelah listrik menyala suhu freezer berada di bawah 4°C dan masih dalam kondisi dingin, maka makananmu masih dalam kondisi baik dan dapat dikonsumsi.

Jika listrik mati hingga lebih dari 4 jam, cek setiap makanan, apakah masih terdapat butiran-butiran kristal es yang menempel. Makanan yang masih memiliki kristal es tetap dapat didinginkan kembali saat listrik menyala, namun makanan seperti daging, ikan, keju, susu, telur, sisa makanan disarankan untuk dibuang demi mencegah terjadinya food poisoning.