Telepon : 081281777899
   
Read More

Pentingnya Mengetahui Freezer Burn

Posted 01-02-2019 by Marketing Komunikasi

Pernahkan pada saat mendinginkan makanan di dalam freezer terjadi perubahan dalam warna atau permukaan pada makanan? Jika iya, makanan tersebut mengalami freezer burn. Apa itu freezer burn? Freezer burn adalah suatu kejadian di mana pada saat molekul air yang berpindah ke permukaan makanan berubah menjadi kristal es pada saat di dalam freezer, oksigen masuk ke dalam permukaan makanan sehingga menyebabkan perubahan warna pada makanan.

Mengapa Freezer Burn Terjadi?

Freezer burn terjadi di semua jenis freezer dan merupakan hasil dari pembungkus yang tidak memadai dan udara yang terperangkap di dalam menghasilkan kelembaban, menciptakan area yang keras dan kering pada permukaan makanan.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan freezer burn adalah penyimpanan makanan di dalam freezer yang terlalu lama. Setiap makanan memiliki batasan dalam pendinginan di dalam freezer.

Selain itu, faktor freezer juga mempengaruhi terjadinya freezer burn. Freezer yang suhunya tidak optimal (di atas 0° C) dapat menimbulkan freezer burn. Oleh karena itu, untuk mencegah freezer burn adalah memastikan makanan dibekukan dengan benar.

Tips Untuk Menghindari Freezer Burn

1. Mencatat tanggal makanan mulai dibekukan

2. Pastikan pembungkus makanan sudah rapat dan tidak ada cela

3. Hindari pembekuan dengan plastik tipis. Bungkus makanan dua atau tiga kali menggunakan kantong tebal atau wadah plastik. Sisakan ruang dalam wadah untuk memungkinkan makanan menjadi lebih bervolume saat membeku

4. Untuk penyimpanan sisa makanan, dinginkan makanan terlebih dahulu sebelum dibungkus dan disimpan ke dalam freezer

Sebelum menyimpan makanan di dalam freezer, ada baiknya untuk melakukan hal-hal yang disebutkan di atas. Penyimpanan makanan yang baik di dalam freezer akan membuat makanan jauh lebih awet dan terhindar dari freezer burn.

Biasakan juga untuk selalu membersihkan freezer setiap tiga bulan sekali untuk menjaga suhu freezer tetap stabil. Membersihkan freezer dapat dilakukan sendiri dengan mengikuti beberapa langkah mudah membersikan freezer.  Freezer terawat, kualitas makanan pun terjaga.