Telepon : 081210727207
   

Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Freezer

Posted 22-02-2019 by Marketing Komunikasi

Dengan menyimpan makanan di dalam freezer, diharapkan makanan akan tetap terjaga untuk dapat dikonsumsi di kemudian hari. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan dapat disimpan di dalam freezer. Beberapa makanan ini akan mengalami penurunan kualitas, kehilangan nutrisi atau bahkan merusak makanan itu sendiri jika disimpan di dalam freezer. Berikut makanan-makanan yang tidak disarankan disimpan di dalam freezer :

  1. Kentang
    Kentang yang disimpan di dalam freezer, yang awalnya keras, akan menjadi lembek pada saat dikembalikan ke suhu ruangan. Kentang direkomendasikan untuk disimpan di suhu yang sejuk dan kering.
     
  2. Nasi
    Sama dengan kentang, nasi akan menjadi lembek dan akan hilang bentuknya dan rasa akan berubah jika didinginkan di dalam freezer dan dikembalikan ke suhu ruang.
     
  3. Dedaunan
    Dedaunan tidak boleh disimpan didalam freezer karena akan menjadi makanan tersebut layu dan seperti berlendir pada saat dikembalikan ke suhu ruang. Kehilangan nutrisi, perubahan tekstur dan rasa akan berubah. Warna daun juga akan berubah dari hijau ke warna coklat yang menandakan kehilangan nutrisi.
     
  4. Susu
    Banyak orang mencoba untuk membekukan susu untuk bisa diminum di kemudian hari namun hasilnya susu menjadi tidak enak dengan bau yang tidak sedap. Pada saat susu dibekukan, akan susah untuk mengetahui kapan susu itu kadaluarsa karena pada dasarnya, segala bahan yang mengandung susu tidak boleh untuk dibekukan.
     
  5. Telur
    Telur sebenarnya boleh dibekukan tapi tidak bersamaan dengan cangkangnya. Telur utuh yang dibekukan hanya akan merusak cangkang telur dan akan mengundang bakteri untuk masuk ke dalam isi di dalam telur. Jika ingin membekukan telur, cara terbaik adalah memecahkan telur dan aduk kuning telur dan putih telur dan cangkangnya dibuang karena tidak akan dibutuhkan kembali.
     
  6. Daging beku yang sudah dilumerkan
    Daging beku yang sudah dikembalikan ke suhu ruang sangat tidak disarankan untuk dibekukan kembali karena kemungkinan besar daging sudah terkena bakteri yang lebih kuat daripada daging yang belum pernah dimasukkan ke dalam freezer. Cara terbaik adalah memasak ulang daging dengan suhu yang sesuai untuk membunuh semua bakteri yang ada lalu makanan bisa dimasukkan ke dalam freezer.  
     

Makanan dibekukan didalam freezer untuk terus terjaga kualitasnya untuk penggunaan di lain waktu. Banyak orang berpikir bahwa semua makanan yang disimpan didalam freezer membunuh bakteri. Faktanya, bakteri tidak akan mati melainkan menjadi tidak aktif. Bakteri akan tidak aktif selama berada di suhu yang dingin tapi setelah bakteri berada di suhu ruangan. Coba cek beberapa mitos lainnya mengenai makanan beku yang perlu diketahui.