Telepon : 081281777899
   
Read More

Lakukan Langkah–Langkah Ini untuk Membersihkan Freezer

Posted 22-01-2019 by Marketing Komunikasi

Seperti mesin elektronik pada umumnya, freezer juga memerlukan perawatan untuk menjaga kualitas mesin tetap awet. Salah satu contoh perawatan yang tidak boleh diabaikan dan dapat dilakukan sendiri yaitu pembersihan bagian dalam freezer. Selain untuk menjaga suhu di dalam freezer tetap stabil, perawatan juga dilakukan agar freezer dapat berfungsi dengan baik walaupun telah digunakan bertahun-tahun. Perhatikan beberapa langkah mudah untuk membersihkan freezer berikut ini:

1. Matikan freezer
Kosongkan isi freezer, kemudian cabut kontak freezer untuk memulai proses thawing atau pencairan. Isi freezer dapat diletakkan ke dalam kulkas/cooler agar makanan tetap dingin dan tidak mencair. Angkat rak, keranjang, atau kompartemen penyimpanan untuk pembersihan secara lebih maksimal.

2. Mulai proses thawing / pencairan
Pencairan dapat dilakukan dengan membiarkan isi freezer mencair dengan sendirinya namun proses ini dapat memakan waktu yang lama. Untuk mempercepat proses pencairan, ada dua cara:

  • Gunakan ember atau wadah berisikan air panas dan letakkan di dalam freezer. Tutup pintu freezer dan biarkan uap panas mencairkan es yang ada di dalam freezer. Gantilah ember atau wadah beberapa kali tergantung pada jumlah es yang ada di dalam dan ukuran dari freezer itu sendiri.
  • Gunakan mesin pengering rambut dan atur pengaturan suhu pada alat tersebut ke pengaturan panas rendah. Arahkan pengering pada dinding bagian dalam freezer. Jangan biarkan air yang meleleh menyentuh pengering karena akan mengakibatkan korsleting listrik. 

3. Bersihkan sisa-sisa bunga es

Gunakan scrapper untuk mengikis bunga es yang masih menempel lalu letakkan pada Loyang atau ember. Bunga es yang telah terkumpul dapat langsung dibuang di wastafel.

4. Pembersihan
Setelah dicairkan, cabut lobang drainage yang terletak di bagian bawah freezer dan biarkan air mengalir hingga tidak ada sisa. Jika masih ada sisa air, gunakan lap bersih untuk mengangkat air. Setelah semua sudah dibersihkan, masukkan kembali bahan makanan ke dalam freezer dan atur sesuai dengan tata letak yang di inginkan.

Proses pembersihan bagian dalam freezer mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, namun hal tersebut dapat menjaga mesin freezer agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pembersihan bagian dalam freezer disarankan untuk dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali tergantung dengan penggunaan freezer masing–masing.

Selain dengan menjaga kebersihan dalam freezer, hindari juga beberapa kesalahan dalam menggunakan freezer yang secara sengaja ataupun tidak sengaja sering dilakukan. Membeli freezer juga sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas layanan purna jualnya. Mempunyai layanan purna jual yaitu PIT Elektronik yang telah berdiri selama 24 tahun, tentunya kualitas dan jaminan dari beberapa freezer ternama seperti Fresta, Atiz, Gofner serta berbagai produk lainnya dari PT Sadhana Ekapraya Amitra tidak perlu diragukan lagi.