Telepon : 081281777899
    
Read More

Kesalahan dalam Menggunakan Freezer

Posted 09-01-2019 by Marketing Komunikasi

Freezer merupakan salah satu alat penyimpanan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pada saat ini sudah banyak orang menggunakan freezer baik untuk keperluan pribadi, maupun untuk berdagang. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan freezer. Penyalahgunaan freezer dapat menyebabkan kerusakan bahan makanan yang disimpan. Dikutip dari Good Housekeeping dalam situs https://www.goodhousekeeping.com/, berikut ini ada 8 hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan freezer:

  1. Jangan sembarangan mengatur suhu
    Suhu freezer yang benar yaitu berada di bawah 0°C. Pengaturan suhu di dalam freezer disesuaikan dengan kebutuhan bahan makanan untuk mencegah penurunan kualitas bahan makanan.
     
  2. Freezer dibiarkan isinya hampir kosong
    Perlu dipahami freezer yang penuh akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan freezer kosong. Hal ini disebabkan karena makanan beku di dalam freezer dapat membantu udara tetap dingin, sehingga freezer tidak harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruang yang kosong. Tetapi hindari mengisi freezer secara berlebihan karena  freezer membutuhkan ruang untuk sirkulasi udara.
     
  3. Tidak membungkus makanan dengan rapat
    Membungkus makanan dalam freezer akan mencegah terjadinya pembusukan dalam makanan. Pastikan selalu membungkus makanan terlebih dahulu sebelum menyimpan ke dalam freezer. Untuk bungkus plastik, gunakan plastik yang tertutup rapat dan tanpa lobang, kemudian bungkus dua kali untuk memastikan tidak ada udara dari luar yang masuk ke dalam plastik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas makanan walaupun disimpan dalam waktu yang lama.
     
  4. Membekukan makanan terlalu lama
    Penyimpanan makanan di dalam freezer yang terlalu lama dapat mengakibatkan penurunan kualitas makanan dari segi rasa dan tekstur. Tulislah tanggal pada tas atau kontainer setelah mengecek berapa lama barang tersebut bisa bertahan di dalam freezer. Letakkan bahan makanan di dalam mesin freezer dengan metode FIFO (first-in first-out) sehingga bahan makanan yang paling lama disimpan selalu berada di depan dan digunakan terlebih dahulu.
     
  5. "Kehilangan" makanan di dalam freezer
    Jangan letakkan makanan dengan sembarangan di dalam freezer. Gunakan tempat penyimpanan khusus dan susunlah dengan rapi, terutama untuk makanan-makanan kecil agar tidak “hilang“ di dalam freezer. Sebagai contoh, makanan berbungkus kecil seperti sosis, ham, dll bisa saja tertutupi dengan makanan berbungkus besar lainnya seperti daging, sehingga terkadang pengguna lupa jika ia pernah menyimpan makanan-makanan berbungkus kecil tersebut.
     
  6. Membekukan makanan dengan skala yang besar
    Tempatkan makanan berukuran kecil seperti stroberi, kiwi, dan kue di atas loyang dan biarkan mengeras sebelum mengemasnya ke dalam kantong atau wadah.  Hal ini membuat makanan tersebut tidak akan membeku dan menempel satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, makanan akan lebih mudah diambil pada saat diperlukan.
     
  7. Thawing makanan pada suhu ruangan
    Makanan yang dibiarkan begitu saja pada suhu ruang setelah dikeluarkan dari freezer dapat memicu perkembangan bakteri dengan cepat. Segera thawing atau lelehkan makanan setelah keluar dari freezer dengan menghangatkannya menggunakan microwave, ataupun dengan cara lainnya untuk mencegah perkembangan bakteri.
     
  8. Membuka pintu freezer saat listrik mati
    Pada saat listrik padam,  pastikan pintu freezer ditutup dengan benar dengan tujuan untuk tetap menjaga suhu tetap dingin supaya makanan tidak rusak.

 

Hal-hal di atas merupakan kesalahan-kesalahan dalam penggunaan freezer. Dengan menghindari hal-hal tersebut, dapat dipastikan freezer serta bahan makanan di dalamnya akan terjaga dengan baik.

Untuk membiasakan hidup sehat, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah penyimpanan bahan makanan secara tepat dan benar. Chest Freezer merupakan salah satu sarana untuk menyimpan bahan makanan agar tetap terjaga kualitasnya walaupun disimpan dalam waktu yang lama. Bapak Lalu Athma Sasmita, Markom Manager PT Sadhana Ekapraya Amitra menjelaskan, “Suhu yang stabil merupakan hal terpenting pada Chest Freezer.“ Beliau memberikan contoh Chest Freezer Fresta, Atiz, Gofner sebagai freezer yang memiliki suhu yang stabil dan cocok untuk menyimpan bahan makanan baik untuk kepentingan pribadi ataupun dagang. Temukan berbagai pilihan Chest Freezer yang dapat dilihat di sini.

Mari hidup sehat bersama freezer yang sehat.