Menangani Freezer yang Terendam Banjir

Di musim hujan sekarang ini telah menimbulkan banjir di beberapa tempat. Saat banjir melanda dan masuk ke rumah tentu tidak sedikit yang mengakibatkan alat pendingin seperti Freezer dan Showcase (Kulkas) yang ikut terendam.
Berikut TIPS Praktis menangani alat pendingin seperti Freezer dan Showcase (Kulkas) yang terendam banjir:

  1. Saat kita mengetahui banjir akan masuk ke rumah, sebaiknya instalasi listrik perlu diamankan. Tutup stop contact yang posisinya ada di bawah dengan Selotip dan pastikan air tidak masuk ke dalam stop contact tersebut. Angkat kabel-kabel yang ada di bawah atau di lantai. Apabila masih ada waktu pindahkan alat pendingin (Freezer dan Showcase) termasuk juga alat pendingin ke tempat yang lebih tinggi yang tidak tergenang air atau beri penopang atau ganjalan agar tidak terkena banjir.
  2. Pada kasus banjir yang datang secara cepat, cabutlah kabel power (steker) dari alat pendingin (Freezer dan Showcase) dari stopkontak yang ada.
  3. Amankan makanan yang ada di dalam alat pendingin (Freezer dan Showcase), dengan cara jangan terlalu sering membuka dan menutup alat pendingin (Freezer dan Showcase) karena dapat berakibat makanan tersebut akan cepat basi atau bau.
  4. Sesudah banjir surut dan aman maka kita harus membersihkan terlebih dahulu alat pendingin (Freezer dan Showcase) sebelum kita menggunakan kembali. Keluarkan isi yang ada di dalam alat pendingin (Freezer dan Showcase), dan bersihkan semua kotoran yang ada, gunakan kain lap yang bersih. Hal ini dilakukan agar alat pendingin (Freezer dan Showcase) tidak bau dan bersih.
  5. Untuk bagian luar, periksa ruang mesin (compressor) bersihkan dengan kain lap. Hati-hati dengan komponen atau spare parts yang ada. Pastikan semua komponen yang ada sudah bersih. Karena apabila kita tidak hati-hati dalam membersihkan dapat terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.
  6. Setelah kotoran dibersihkan, maka seluruh komponen yang ada harus dikeringkan. Pastikan sudah tidak ada sisa air yang menempel di ruang mesin atau komponen yang ada. Agar tidak terjadi konsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran atau dapat membahayakan orang disekitarnya.
  7. Sesudah kita pastikan semua bersih dan kering, kita coba hubungkan kabel power (steker) ke stopkontak.
  8. Pastikan jika body alat pendingin (Freezer dan Showcase) tidak nyetrum atau konslet, sebaiknya menggunakan alat seperti testpen atau alat  untuk menentukan apakah terjadi konslet atau tidak.
  9. Bila masih terjadi konslet listrik pada body kemungkinan masih ada bagian komponen yang masih basah. Periksa kembali semua komponen dan keringkan
  10. Apabila stecker sudah terhubung dengan sumber listrik (stop contact) namun mesin masih belum bisa dipergunakan atau alat pendingin (Freezer dan Showcase) tidak dingin sebaiknya hubungi teknisi agar dapat segera diperbaiki.

Demikianlah tips dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *