The Blog

Memulai Bisnis Frozen Food: Tips Memilih Freezer

- 0 Comment. in Informasi Produk, Tips

Berwiraswasta kini sedang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari yang kecil-kecilan sampai dengan franchise dan membuka cabang diluar negeri. Iklim seperti tentu sangat baik bagi warga Indonesia, dapat mengurangi ketergantungan terhadap pemodal asing serta menambah lapangan kerja.

 

Peluang Bisnis Frozen Food

Salah satu pilihan dalam berwiraswasta adalah bisnis makanan beku (frozen food). Makanan beku yang praktis tentu dapat menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia. Baik itu untuk disajikan pada saat sarapan, bekal ataupun sekedar cemilan. Kebanyakan makanan beku harus diolah terlebih dahulu. Untuk mengolahnya tidak sulit, cukup dengan mengukus, menggoreng ataupun merebus.

 

Konsumen Bisnis Frozen Food

Konsumen Frozen Foodnya sendiri terbagi kedalam dua kategori, yaitu pelanggan akhir ataupun pedangan makanan. Untuk pelanggan akhir (end user), pasar yang dapat Anda bidik adalah ibu-ibu rumah tangga. Biasanya end user akan membeli produk Anda untuk dikonsumsi sendiri.

Lain lagi dengan pedangan makanan. Bagi mereka, frozen food merupakan bahan baku untuk barang dagangan mereka. Sebut saja pedangang Sosis Bakar. Akhir-akhir ini marak pedangang sosis bakar. Bahkan ada beberapa merek sosis bakar yang dapat kita lihat di gerai-gerai minimarket. Biasanya mereka sudah memiliki pemasok, namun itu tidak menutup kemungkinan Andalah yang menjadi pemasok tersebut.

 

Pemilihan Bahan Baku

Bisnis makanan biasanya agak berbahaya. Bahaya yang dimaksud disini adalah mengenai cita rasa. Disini Anda harus hati-hati ketika membeli bahan baku. Bahan baku yang Anda pilih akan menentukan akan seperti apa produk Anda nanti. Jika memang Anda membidik masrayakat menengah ke atas, Anda tidak boleh memilih bahan baku secara asal-asalan. Tidak ada salahnya Anda membeli bahan baku di supermarket ataupun membeli langsung kepada pemasok. Alasannya apa? Tentu saja kesegaran bahan baku itu sendiri.

Membeli di pasar tradisional pun sah-sah saja, tapi Anda harus benar-benar teliti ketika memilih. Pastikan bahan-bahan tersebut benar-benar segar dan bersih. Jika Anda ingin membeli di pasar tradisional, pastikan Anda datang tidak lama setelah pasar tersebut buka. Biasanya pada dini hari. Hal ini untuk memastikan Anda memperoleh bahan baku yang masih segar.

 

Pemilihan Freezer

Proses pembekuan makanan tentu tidak akan terjadi dengan sendirinya. Disini Anda memerlukan upaya yang lebih karena akan berkaitan dengan kesegaran serta usia frozen food itu sendiri.

Untuk proses pembekuan makanan kami sarankan menggunakan Air Blast Freezer. Apa itu Air Blast Freezer? Air Blast Freezer merupakan sebuah freezer yang dikhususkan bagi proses pembekuan sangat cepat. Suhu di dalam kabin dapat mencapai -40 derajat celcius. Air Blast Freezer dapat membekukan daging seberat 1 kg selama kurang dari 1 jam. Luar biasa bukan?

Jika Anda menggunakan Freezer biasa, proses pembekuannya akan lebih lama serta suhu yang dapat dicapai pun hanya berkisar -30 derajat celcius.

Proses pembekuan ekstra cepat ini memiliki kelebihan tersendiri. Dengan durasi yang begitu cepat, bakteri penyebab busuk akan “tertidur” lebih cepat

Apa yang membuat Air Blast Freezer dapat membekukan makanan dengan sangat cepat? Tentu saja selain komponen yang berbeda, Air Blast Freezer dilengkapi dengan kipas tambahan di dalam kabin. Kipas ini akan memaksimalkan penyebaran udara dingin dari evaporator.

Selain itu, desain yang berbentuk Chest Freezer pun merupakan kelebihan tersendiri. Apa untungnya Air Blast Freezer dengan desain Chest Freezer? Desain Chest Freezer seringkali dikeluhkan oleh banyak orang karena menyulitkan mereka untuk meletakkan produk di dalam kabin. Namun, desain Chest Freezer justru akan lebih menjaga suhu dingin agar tetap di dalam kabin.

Bandingkan dengan freezer dengan model berdiri (Upright). Ketika Anda membuka Upright Freezer suhu didalam kabin akan naek dengan cepat akibat dari keluarnya udara dingin. Dan untuk mengembalikan lagi ke suhu normal, kompressor harus bekerja ekstra dan tentunya ini pun akan memakan daya listrik yang cukup besar.

Namun, ini tidak terjadi pada Air Blast Freezer dengan desain Chest Freezer. Ketika pintu dibuka, suhu masih tetap berada di kisaran -36 sampai -39 derajat celcius. Proses buka tutup pintu tidak akan terlalu mengganggu proses pembekuan makanan.

Jadi, setelah Anda selesai membuat makanan, segeralah masukkan kedalam Air Blast Freezer dan tunggu selama kurang lebih 1 jam.

Setelah beku, sebaiknya produk tersebut langsung Anda pindahkan ke Freezer.

Salah satu produk Freezer yang kami miliki adalah FR789 S-1. Produk yang termasuk kedalam line-up Fresta ini memiliki kapasitas sebesar 789 liter.  Dengan daya listrik sebesar 390 watt dan mampu mencapai suhu -30 derajat celcius mampu menjaga kesegaran Frozen Food yang telah Anda buat.

Investasi yang telah Anda tanamkan akan berbuah manis.

Dengan upaya maksimal untuk menjaga kesegaran Frozen Food, Anda telah berkomitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Dan bagi pebisnis, kepuasan pelanggan merupakan hal utama yang harus dijaga terus menerus.

 

Untuk berita lainnya, silakan klik tautan berikut:

  1. Perwakilan Sosro Mengunjungi Booth Sadhana
  2. Sadhana Hadir di SIAL Interfood 2017

Untuk mempelajari produk PT. Sadhana Ekapraya Amitra, silakan klik tautan berikut:

  1. Catatan Penting Bagi Pemilik Kafe dan Restoran
  2. Apa itu Chest Freezer dan Upright Freezer
  3. Chest Freezer Dua Pintu ;  Cek Dulu Sebelum Beli

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: