The Blog

Catatan Penting Bagi Pemilik Kafe dan Restoran

- 0 Comment. in Tips

Bisnis kafe dan restoran sepertinya sedang menjamur akhir-akhir. Usaha pemerintah untun meningkatkan angka wirausahawan sepertinya sudah terlihat. Dan lagi, kemudahan akses informasi turut menyumbang peningkatan jumlah kafe dan restoran di tanah air.

Dengan kemudahan akses, orang akan semakin mudah mempelajari bagaimana cara membuat kopi ataupun thai tea. Facebook dan Youtube pun menyediakan ribuan atau mungkin puluhan ribu resep yang disertai dengan tutorial. Tak ayal, warung kopi tematik serta restoran dengan menu kontemporer pun bertebaran dimana-mana.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pemilik kafe dan restoran. Kita sudah menyaksikan bagaimana ramainya orang-orang membicarakan dan mencari keripik singkong super pedas. Bahkan pada awal mula kemunculannya, orang sampai rela antre berjam-jam untuk membeli keripik pedas.

Namun, popularitas keripik pedas tersebut perlahan-lahan meredup. Meskipun kita sudah dapat membelinya di supermarket, sepertinya angka penjualannya pun sudah tidak terlalu tinggi. Ada hal yang  dapat kita pelajari disini, berhati-hatilah dengan menu yang Anda pilih. Ketika menu tersebut sudah populer, pertahankan dan terus kembangkan.

Selanjutnya mengenai aset. Aset memegang peranan penting dalam roda bisnis. Salah satu aset yang akan kita bahas disini adalah mesin pendingin. Biasanya kafe atau restoran akan memiliki, salah satu atau bahkan keduanya, showcase dan freezer.

FRESTA FA159 CGA-1
AURORA SA439-1

Showcase digunakan untuk menjajakan minuman dingin dan freezer tentunya digunakan sebagai tempat penyimpanan daging, sayur ataupun buah-buahan.

Bagi restoran yang menggunakan mesin pendingin, mohon perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Usahakan tegangan listrik tetap stabil. Tegangan listrik yang kurang stabil biasanya akan merusak peralatan elektronik. Pada mesin pendingin, komponen akan terganggu adalah kompresor. Seandainya saja kompresor rusak akibat tegangan listrik yang kurang, maka minuman ataupun bahan makan yang berada didalamnya tidak akan dingin. Lalu bagaimana caranya? Gunakanlah stabilizer. Mesin pendingin akan mampu “bekerja” lebih optimal pada tegangan listrik yang stabil. Produk dari PT. Sadhana Ekapraya Amitra menggunakan kompresor terbaik di kelasnya. Kompresor yang digunakan akan bekerja tetap optimal meskipun pada tegangan listrik yang kurang stabil
  2. Periksa bagian-bagian yang rentan rusak. Akibat frekuensi buka tutup yang sering, biasanya komponen yang rentan rusak adalah karet serta engsel pintu. Fungsi karet adalah menjaga udara dingin agar tidak keluar. Karet yang rusak akan berakibat pada “bocornya” udara dingin. Engsel pintu juga sangat penting untuk diperhatikan. Pada showcase, engsel yang rusak akan mengakibatkan pintu tidak dapat tertutup dengan baik.
  3. Bersihkan bunga es. Munculnya bunga es pada freezer seringkali mengganggu. Volume freezer jadi menurun plus pendinginan pun kurang berjalan optimal. Gunakanlah scrapper plastik untuk membersihkan bunga es. Jangan menggunakan benda tajam seperti pisau atau sendok karena akan merusak body bagian dalam dari freezer.

So, bagi kamu para pemilik kafe, aset bisnis tentulah sangat penting. Dengan adanya aset ini, bisnis Anda akan berjalan lancar, pelanggan pun puas.

 

Tentang Sadhana

PT. Sadhana Ekapraya Amitra merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mesin pendingin. Kami menjual showcase, berbagai jenis freezer, juice dispenser, ice cream scooping serta vending machine. Produk dari PT. Sadhana Ekapraya Amitra dapat diandalkan sebagai andalan bagi bisnis Anda. Hemat listrik, dapat diandalkan serta tangguh merupakan kelebihan produk kami.

 

%d bloggers like this: