The Blog

Fresta 600 Litre

Cara Merawat Freezer Agar Awet Bertahun-tahun

- 0 Comment. in Tips

Bagi para pengusaha kuliner, Freezer sepertinya sudah menjadi peralatan elektronik yang wajib dimiliki. Freezer dapat membantu kita untuk menjaga kesegaran bahan makanan seperti daging, makanan beku, sayur-sayuran ataupun buah-buahan. Jenis Freezer pun  sudah beraneka ragam; ada chest freezer (satu pintu dan dua pintu), serta upright freezer.

Perbedaan Chest Freezer dan Upright Freezer dapat Anda baca pada tautan berikut: Apa itu Chest Freezer dan Upright Freezer?  

Supaya Freezer dapat berjalan optimal dan awet selama bertahun-tahun, maka Freezer pun tentunya membutuhkan perawatan. Berikut adalah cara merawat freezer agar awet bertahun-tahun : 

 

  1. Bersihkan bunga es secara berkala. Untuk menjaga performa Freezer, salah satu cara merawat freezer agar awet bertahun-tahun adalah membersihkan bunga es secara berkala. Keberadaan bunga es sebenarnya akan sangat mengganggu. Makanan dan minuman yang Anda simpan di dalam Freezer akan sulit beku. Bunga es sebaiknya dibersihkan ketika belum terlalu tebal/banyak. Dan jangan gunakan benda-benda tajam seperti pisau ataupun garpu.
  2. Jangan isi Freezer dengan terlalu banyak barang. Jika Freezer Anda isi dengan terlalu banyak barang, maka ruang untuk sirkulasi udara akan semakin sedikit. Udara dingin akan cepat tersebar merata ketika ada ruang untuk sirkulasi udara di dalam kabin Freezer. Kabin Freezer yang penuh akan mempersulit aliran udara dingin tersebar merata. Hal ini akan membuat proses pembekuan semakin lama dan kompressor pun akan “tersiksa”.
  3. Hindari menyimpan makanan atau minuman yang masih panas. Makanan atau minuman yang masih panas sebaiknya jangan langsung dimasukkan ke dalam Freezer. Tunggullah beberapa saat sampai makanan atau minuman tersebut dingin. Udara panas di dalam kabin Freezer akan mempercepat munculnya bunga es.
  4. Jangan letakkan Freezer terlalu dekat tembok. Hal ini seringkali terlupakan. Setiap Freezer pasti memiliki Grill. Grill merupakan bagian Freezer yang berguna sebagai aliran udara panas yang berasal dari kondensor. Jika udara panas “terperangkap” di dalam, maka kerja Freezer akan terganggu.

So, itulah beberapa cara merawat Freezer agar awet bertahun-tahun .

Selamat mencoba ya

 

Untuk berita lainnya, silakan klik tautan berikut:

  1. Perwakilan Sosro Mengunjungi Booth Sadhana
  2. Sadhana Hadir di SIAL Interfood 2017

Untuk mempelajari produk PT. Sadhana Ekapraya Amitra, silakan klik tautan berikut:

  1. Catatan Penting Bagi Pemilik Kafe dan Restoran
  2. Chest Freezer Dua Pintu ;  Cek Dulu Sebelum Beli
  3. Cara Cepat dan Mudah Membersihkan Bunga Es

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: